Minggu, 13 Januari 2030

Trisula Dental Laboratorium Gigi




SELAMAT DATANG DI TRISULA DENTAL LABORATORY


Blog ini memuat informasi seputar gigi tiruan atau juga yang sering disebut gigi palsu.

Trisula Dental Laboratory adalah laboratorium khusus pembuatan gigi tiruan / gigi palsu atas pesanan atau order dari dokter gigi. 

Untuk diketahui bahwa kebanyakan dokter gigi tidak membuat sendiri gigi tiruan atau gigi palsu untuk pasiennya, tetapi hanya merencanakan, dan mempersiapkan serta merancang dan mencetak replika gigi pada pasien yang akan dibuatkan gigi tiruannya kemudian hasil cetakan gigi tersebut akan dirujuk / dikirim kepada laboratorium gigi.

Di laboratorium gigi, hasil cetakan replika gigi pasien dokter gigi akan ditangani pembuatan gigi tiruannya oleh teknisi gigi, yaitu orang  yang telah mengenyam pendidikan keteknisian gigi serta lulus uji kompetensi baik secara institusi maupun sebagai tenaga kesehatan. Beda dengan tukang gigi dan ahli gigi yang sering kita temui berpraktek dipinggir jalan yaitu orang-orang yang hanya mempunyai keahlian dalam membuat protesa dan keahlian tersebut diperoleh secara autodidak atau turun temurun dari keluarganya. 


Maka Teknisi Gigi adalah suatu profesi sedangkan Tukang Gigi bukanlah suatu profesi karena tidak di latar belakangi oleh pendidikan yang jelas. Selain itu setiap Teknisi Gigi memiliki SIP (Surat Ijin Praktek) yang didapat setelah lulus uji kompetensi sedangkan Tukang gigi dan Ahli Gigi tidak.

0 komentar:

Posting Komentar