Jumat, 13 Januari 2017

MACAM-MACAM GIGI PALSU LEPASAN

Gigi palsu lepasan adalah gigi palsu yang dibuat untuk menggantikan satu atau dua atau lebih gigi bahkan keseluruhan dari gigi yang hilang dan dalam penggunaannya bisa dilepas pasang oleh pasien. Gigi palsu lepasan lebih dulu ditemukan penelitiannya daripada gigi palsu cekat.

Gigi palsu lepasan  dibagi menjadi dua macam yaitu gigi palsu penuh lepasan dan juga gigi palsu sebagian lepasan. Gigi palsu penuh lepasan digunakan untuk menggantikan seluruh gigi geligi atas dan bawah yang hilang, sedangkan gigi palsu sebagian lepasan digunakan untuk menggantikan satu atau dua atau lebih gigi yang hilang tetapi bukan seluruhnya.

 Ditinjau dari jenis bahan yang digunakan, gigi palsu lepasan dibagi menjadi empat macam.Empat macam gigi palsu lepasan tersebut terdiri dari akrilik, polycarbonate, valplast, dan metal frame. Adapun gigi palsu cekat dibagi menjadi tiga macam yaitu metal, porselen, dan implant. Berikut ini akan dijelaskan beberapa macam gigi palsu lepasan.


Gigi palsu lepasan akrilik


Gigi palsu akrilik terbuat dari bahan dasar akrilik untuk gigi maupun basisnya, proses pembuatannya dengan cara mencampurkan bubuk dan cairannya kemudian direbus pada tingkat suhu tertentu. Kekurangan pada partial denture acrylic adalah diperlukannya kawat untuk penyangga pada gigi asli sebelah plat akrilik tersebut, sehingga seiring berjalannya waktu kawat tersebut bisa membuat gigi menjadi aus

Gigi palsu lepasan polycarbonate

Gigi palsu jenis ini mirip seperti gigi palsu akrilik, akan tetapi bahan yang digunakan terbuat dari nilon sehingga hasil cetak dari gigi palsu tersebut terlihat terdapat serat-serat seperti benang berwarna merah di dalam platnya (basis). Sama seperti gigi palsu akrilik, gigi palsu polycarbonate atau yang biasa kita sebut dengan FRS ini dibagi menjadi dua jenis yaitu full denture dan juga partial denture. Proses pembuatannya menggunakan sistem yang jauh lebih canggih daripada acrylic denture yaitu dengan menggunakan sistem inject.

Gigi palsu lepasan VALPLAST

 


Basis gigi palsu yang elastis ini terbuat dari bahan valplast yang proses pembuatannya persis seperti FRS dengan sistem inject. Kelebihan yang sangat disukai oleh banyak orang yang menggunakan valplast adalah kelenturannya sehingga tidak mudah patah apabila terjatuh dan juga tidak memerlukan kawat pada partial denture valplast sebagai penyangga di gigi asli sebelah, tidak seperti partial denture acrylic yang memerlukan kawat penyangga. Hanya saja kelemahan dari gigi palsu ini adalah lambat laun warnanya akan luntur dan berubah menguning, menggunakan valplast juga cenderung lebih mudah bau mulut daripada menggunakan gigi palsu lainnya, serta lebih sulit untuk dibersihkan.


 Gigi palsu lepasan  METAL FRAME










Gigi palsu ini terbuat dari bahan logam sebagai basisnya yang dikombinasikan dengan akrilik, valplast atau polycarbonate sebagai basis untuk meletakkan gigi yang terbuat dari akrilik. Bahan logam yang digunakan untuk denture ini adalah chromium cobalt atau titanium. Gigi palsu ini mempunyai beberapa kelebihan diantara tidak mudah patah karena menggunakan basis yang terbuat dari logam dan juga dapat dibuat lebih tipis sehingga lebih nyaman untuk digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar