Selasa, 10 Januari 2017

Bagian dan Fungsi Gigi


Sebelum kita membahas tentang gigi tiruan, ada baiknya kita lakukan penyegaran terlebih dahulu mengenai bagian gigi , dan fungsi gigi manusia.

Mungkin diantara kita ada yang masih ingat pelajaran IPA atau Biologi yang kita pelajari sewaktu masih disekolah dasar ataupun disekolah menengah terutama yang mempelajari tentang anatomi manusia. Gigi geligi termasuk bagian penting dalam anatomi manusia.
untuk itu marilah kita perhatikan gambar dibawah ini,


Gambar tersebut menjelaskan mengenai jenis - jenis gigi manusia serta bagian -bagiannya.
 Secara garis besar gigi manusia memiliki 3 bagian utama :
1.    Mahkota Gigi, merupakan bagian gigi yang tampak dari luar, bagian ini dilapisi oleh lapisan pelindung yang disebut email gigi.
2.    Leher Gigi, merupakan bagian gigi yang sudah tertanam oleh gusi, bagian ini terdapat dibawah mahkota gigi dan diatas akar gigi.
3.    Akar Gigi, merupakan bagian gigi yang tertanam dibawah rahang dan tidak tampak dari luar, masing-masing jenis gigi pada manusia memiliki jumlah akar gigi yang berbeda-beda.

Jenis dan Fungsi  gigi, yaitu :
1.    Gigi Seri, merupakan gigi yang mempunyai satu akar dan berfungsi untuk memotong atau mengerat makanan. Gigi seri berbentuk tegak dengan mahkota yang horizontal. Manusia dewasa memiliki 4 gigi seri, 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.
2.    Gigi Taring, merupakan gigi yang memiliki satu akar dan berfungsi untuk merobek dan mengoyak makanan. Gigi taring berbentuk tegak dan agak runcing. Manusia dewasa memiliki 4 gigi taring, 2 di rahang bawah dan 2 di rahang atas.
3.    Gigi Geraham Depan (Premolar), merupakan jenis gigi yang mempunyai 2 akar dan berfungsi untuk menggiling dan mengunyah makanan. Gigi Premolar berbentuk rendah dan terdapat beberapa tonjolan pada bagian mahkotanya. Manusia Dewasa memiliki 8 Gigi Premolar, yaitu 4 di rahang bawah, dan 4 di rahang atas.

4.    Gigi Geraham Belakang (Gigi Molar), merupakan jenis gigi yang mempunyai 2 atau 3 akar dan berfungsi untuk menggilas, melumat, menghancurkan, dan menghaluskan makanan. Gigi Molar memiliki bentuk yang hampir sama dengan gigi Premolar diatas. Manusia dewasa memiliki 12 gigi Molar permanen. Masing – masing 6 di rahang atas dan bawah.



0 komentar:

Posting Komentar